Awas!!! Demonstrasi Berujung Korupsi

Aksi demonstrasi yang marak terjadi belakangan ini, terkait isu kenaikan BBM, sangat disayangkan karena kebanyakan berakhir dengan bentrokan. Aksi beringas demonstran  mengakibatkan banyak kerugian bagi masyarakat. Hal ini tentu sangat disayangkan mengingat masyarakatlah yang mereka perjuangkan. Ataukah para pengguna jalan bukan masyarakat??? Lalu siapa yang mereka maksud sebagai masyarakat?

Pengrusakan yang kerap terjadi pada titik-titik demonstrasi mengakibatkan pengrusakan yang mau tidak mau menuntut adanya perbaikan. Salah satu lokasi pengrusakan saat demonstrasi aksi penolakan kenaikan BBM beberapa waktu yang lalu adalah gedung wakil rakyat, DPR/MPR. Tentu saja dana yang dialokasikan untuk perbaikan kerusakan adalah uang rakyat. Sempat tersiar kabar di media bahwa dana yang dialokasikan untuk perbaikan pagar dan tanaman yang dirusak mencapai 5,1 Milyar Rupiah, namun hal tersebut dibantah oleh anggota DPR dan diklarisifikasi bahwa biayanya hanya sebesar Rp.200 Juta. Walaupun demikian tetap saja angka tersebut bagi sebagian masyarakat masih sangat tinggi, apalagi untuk perbaikan pagar saja.

AWAS KORUPTOR!!!

Pengrusakan yang terjadi saat aksi demonstrasiterjadi, mulai dari pengrusakan fasilitas umum hingga pengrusakan fasilitas gedung-gedung pemerintahan, bahkan kemacetan yang merugikan pengguna jalan (padahal mereka juga rakyat) sepertinya sudah menjadi sebuah kewajaran.

Merusak fasilitas umum dan fasilitas-fasilitas pemerintahan seharusnya dilakukan oleh demonstran karena hal itu bisa menjadi sasaran empuk para oknum-oknum koruptor. Dana yang seharusnya dialokasikan ke hal lain yang lebih penting harus dialihkan kepada perbaikan fasilitas yang sebenarnya bisa dihindari.

Dana perbaikan ini sangat mungkin dipermainkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Misalnya dengan cara mengurangi anggaran perbaikan, dan memasukkannya ke rekening pribadi mereka. Hal itu mungkin saja.

Dengan kata lain aksi pengrusakan yang dilakukan saat aksi penolakan kenaikan BBM atau aksi-aksi lainnya, seperti aksi anti korupsi, bisa saja menjadi cikal bakal munculnya kesempatan bagi para oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

wallahu ‘alam

picture source : www.mediaindonesia.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s