Mengurangi Dampak Radiasi Telepon Seluler

di zaman serba canggih, seperti saat ini, banyak memberi kemudahan bagi kita. Hal tersebut terlihat jelas dengan banyaknya bermunculan peralatan teknologi canggih yang membuat jarak yang jauh diantara kita tidak lagi menjadi penghalang utama untuk tidak saling sapa dan bertukar informasi.

salah satu alat yang sangat membantu dewasa ini adalah telepon selular. Bentuknya yang kecil dan ringan membuatnya mudah dibawa kemana-mana. Alat tersebut kini telah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi kita untuk menunjang kehidupan sehari-hari.

Namun, dibalik kecanggihannya, telepon selular juga menyimpan ancaman kekhawatiran terkait dengan masalah radiasi bagi para penggunanya. Fakta tersebut menyebabkan sebagian orang mulai menjauhkan diri dari alat telekomunikasi ini. Kekhawatiran tentang masalah ini semakin meningkat ketika badan kesehatan dunia WHO mengeluarkan pernyataan bahwa telepon selular kemungkinan bersifat karsinogenik atau bahan penyebab kanker.

Saat ini telepon selular telah digunakan oleh sekitar 5 milyar orang di seluruh dunia, jauh meningkat dari hanya ratusan juta pada tahun 1997. Sedikit saja terjadi masalah kesehatan yang disebabkan oleh telepon selular akan menimbulkan dampak yang luar biasa bagi kehidupan manusia (blogdokter.net 17 Desember 2011).

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak penggunaan telepon selular bagi kesehatan yang kami kutip dari blogdokter.net.

  1. Ketika berbicara menggunakan telepon selular, gunakanlah speakerphone atau handsfree. Walau tidak sepenuhnya aman karena pancaran radiasi masih bisa mengenai tubuh, namun hal ini jauh lebih baik daripada menempelkan telepon selular pada kepala.
  2. Janganlah selalu menempelkan telepon selular yang sedang aktif pada tubuh sepanjang hari, bila sedang berada di dalam ruangan, taruhlah telepon selular pada meja.
  3. Gunakanlah telepon selular saat sinyal dalam posisi maksimal, bila sinyal kurang maka pancaran radiasi telepon selular lebih besar.
  4. Janganlah menggunakan telepon selular saat di lift, mobil, kereta api atau pesawat terbang. Telepon selular mengeluarkan banyak tenaga dan radiasi pada tempat yang tertutup logam.
  5. Bila memungkinkan, pilihlah berkomunikasi dengan SMS.
  6. Bila di dalam rumah, gunakan telepon kabel.
  7. Penggunaan bahan penyaring radiasi seperti yang dijual di pasaran justru akan menghambat sinyal ponsel dan menyebabkan ponsel lebih banyak memancarkan radiasi.
  8. Jika anda memiliki router nirkabel di rumah atau apartemen, taruhlah di tempat yang jauh dari tempat tidur atau di tempat yang jarang digunakan.
  9. Gunakanlah koneksi internet menggunakan kabel sedapat mungkin.
  10. Matikan konektivitas nirkabel komputer bila sedang tidak digunakan seperti bluetooth, WIFI dan lain lain.
    semoga beberapa tips di atas bermanfaat untuk kita semua. Tak lupa kami mengingatkan agar kiranya kita senantiasa memohon do’a dan meminta perlindungan kepada Allah ta’ala agar kesehatan dapat tetap tercurahkan kepada segenap hambanya yang tetap mengesakannya.
    image soucre : demonbrando.blogspot.com
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s