Efek Negatif Begadang

Begadang mengerjakan tugas bagi mahasiswa atau pelajar kadang menjadi hal lumrah. Kesibukan disiang hari dengan seabrek aktivitas menyebabkan waktu yang tersisa dimalam hari dimaksimalkan hingga pagi. Alhasil begadang hingga larut malam bahkan tidak tidur semalam suntuk tak jarang harus dilakukan.

Begadang mengerjakan tugas dan tidak terlalu sering mungkin tidak akan berefek negatif bagi diri kita, namun apa jadinya kalau kita terlalu sering begadang bahkan telah mengalami susah tidur akibat sering begadang? apalagi jika malam yang dilewati tanpa istirahat hanya dihabiskan dengan ngumpul ngalur ngidul dengan teman-teman, gosip sana-sini, nyanyi tidak jelas, bahkan mengganggu orang lain tentu adalah sebuah kesia-siaan.

berikut ini ada beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan akibat kebiasaan susah tidur yang kami kutp dari detikhealth Ahad (06/05/2012):

1. Penyakit jantung
Dalam sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Sleep, peneliti di West Virginia University School of Medicine meninjau data dari 30.397 orang yang berpartisipasi dalam studi 2005 National Health Interview.

Peneliti menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam mengalami peningkatan risiko penyakit jantung. Secara khusus, wanita di bawah 60 tahun yang tidur 5 jam atau kurang setiap malam, memiliki risiko dua kali lipat untuk mengembangkan penyakit jantung.

2. Diabetes
Berdasarkan sebuah studi dalam jurnal Diabates pada 2011, peneliti dari Universitas Chicago dan Universitas Northwestern menemukan penderita diabetes tipe 2 yang kurang tidur di malam hari memiliki tingkat glukosa 9 persen lebih tinggi, tingkat insulin 30 persen lebih tinggi dan tingkat resistensi insulin 43 persen lebih tinggi.

Penderita diabetes dengan insomnia bahkan kondisinya lebih buruk, tingkat glukosanya bisa 23 persen lebih tinggi, tingkat insulinnya 48 persen lebih tinggi dan tingkat resistensi insulinnya 82 persen lebih tinggi daripada penderita diabetes yang tidak memiliki insomnia.

3. Kanker payudara
Peneliti di Tohoku University Graduate School of Medicine in Sendai, Jepang, mempelajari data dari hampir 24.000 wanita usia 40 tahun hingga 79 tahun dan mengetahui bahwa wanita yang tidur kurang dari 6 jam semalam memiliki risiko 62 persen lebih tinggi untuk kanker payudara.

4. Masalah pada saluran kemih
Dalam temuan dipresentasikan pada pertemuan American Urological Association, peneliti di New England Research Institute di Watertown, MA, meninjau data dari 4.145 pria paruh baya dan perempuan.

Hasilnya, lima tahun mengalami tidur gelisah atau terlalu sedikit (kurang dari 5 jam per malam) bisa meningkatkan 80 hingga 90 persen risiko seorang wanita terbangun di malam hari untuk buang air kecil (nokturia) atau menjadi mengompol.

Peneliti berteori bahwa kurang tidur menyebabkan peradangan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan masalah pada saluran kemih.

5. Kanker usus besar
Dalam sebuah studi pada 1.240 orang yang dipublikasikan pada 2011, peneliti dari Case Western University menemukan orang yang tidur kurang dari 6 jam per malam, 47 persen lebih berisiko memiliki polip kolorektal, yang bisa menjadi kanker, dibandingkan orang-orang yang memiliki jam tidur setidaknya 7 jam.

6. Kematian
Sebuah studi 10 tahun dari 16.000 orang oleh para peneliti di University of Copenhagen menghubungkan antara kurang tidur dan peningkatan risiko kematian. Hasilnya, ternyata pria yang melaporkan tidur buruk, khususnya di bawah 45 tahun, memiliki dua kali lipat risiko kematian dibandingkan pria yang cukup tidur.

Dan pria yang memiliki tiga atau lebih gangguan tidur malam memiliki risiko bunuh diri lima kali lebih tinggi dibandingkan pria yang tidurnya tidak terganggu.

image source :dunia-hijau-phoenix.blogspot.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s