Starting Point For New Students 2012

Mengawali tulisan ini, saya ingin menyampaikan selamat kepada adik – adik Mahasiswa Baru Universitas Negeri Makassar, terkhusus kepada adik – adik yang berada di Fakultas Ilmu Pendidikan UNM Makassar.
Ratusan, Ribuan, Bahkan puluhan Ribu orang diluar sana yang menginginkan posisi yang telah anda dapatkan saat ini. Mereka juga ingin menjadi bagian dari keluarga Besar Universitas Negeri Makassar yang juga dikenal dengan sebutan “kampus Orange”. Dan sebuah kebanggan sekaligus amanah yang besar karena Allah subahanahu wa ta’ala ternyata memilih kalian sebagai Mahasiswa UNM 2012, menyisihkan ribuan orang lainnya. Maka sebuah kesalahan besar ketika kita tidak bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah subhanahu wa taala.

Di kesempatan ini, saya ingin memberikan beberapa tips menarik yang bisa adik – adik aplikasikan sebagai starting point dalam menghadapi hari – hari panjang perkuliahan.

tips ini banyak terinspirasi dari buku – buku self management diantaranya adalah buku David J. Lieberman. PH.D. dan setia Furqan Khalid

#Tips 1 : Buat kesan pertama baik kepada Dosen
Ya…!!! Buatlah kesan pertama yang baik kepada dosen saat masa – masa awal perkuliahan, karena yang pertama akan selalu terkenang dengan sangat baik dalam hati kita. Mungkin masih segar di ingatan kita tentang rupa Handphone pertama kita, tentang sepeda pertama kita, tentang motor pertama kita, atau tentang mobil pertama kita. Mengapa? Karena yang pertama selalu meninggalkan kesan di hati.

Orang – orang yang menjadi pertama dalam melakukan sesuatu juga akan dikenang dalam buku catatan sejarah Dunia. Sebut saja Neil Amstrong, yang menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki dibulan. Walaupun mungkin hingga saat ini hal itu masih menjadi perdebatan panjang tentang kebenarannya.

Neil Amstrong sebenarnya tidak sendiri saat menginjakkan kaki dibulan, namun ia bersama rekannya Edwin Aldrin dan seorang lagi yang tetap berada dalam pesawat yaitu Michael Collins.

Neil Amstrong dan Edwin Aldrin bisa jadi hanya berselang beberapa menit atau bahkan detik ketika menginjakkan kaki di Bulan, namun karena perbedaan tersebut Neil Amstrong mampu di kenang lebih baik ketimbang rekannya karena ia adalah yang pertama menginjakkan kaki dibulan.

Pertanyaannya kemudian, bagaimana membuat kesan pertama yang baik terhadap dosen??? Jawabannya sederhana, pertama, datanglah tepat waktu saat proses perkuliahan, terutama di hari – hari pertama, jangan pernah datang terlambat dari pada dosen anda. Kemudian yang kedua adalah, jadilah orang yang pertama bertanya kepada dosen atau menjawab pertanyaan dosen, serta berpenampilan rapi layaknya orang – orang berpendidikan. Dengan melakukan hal demikian bisa dipastikan anda telah membuat kesan yang baik kepada dosen

#Tips kedua : Duduklah di Baris terdepan
Shaf terdepan dalam Sholat adalah shaf yang terbaik dan penuh keutamaan, demikian juga dalam proses perkuliahan, Baris terdepan tempat duduk adalah tempat yang terbaik untuk belajar di kelas. Orang – orang yang dianggap serius dan betul – betul mau mengikuti proses perkuliahan adalah mereka yang duduk di barisan terdepan. Begitu juga sebaliknya, Orang yang duduk dibelakang terkadang di anggap kurang serius mengikuti proses perkuliahan terlebih lagi ketika ia bermain-main saat proses perkuliahan. Selain itu, Dengan duduk di bangku terdepan anda dapat lebih fokus memperhatikan penjelasan dosen dan tentu saja akan mendapatkan pengetahuan lebih dari teman – teman yang lain.

#Tips ketiga : Berbuatlah lebih baik dari kebanyakan orang
Berbuatlah lebih baik dari kebanyakan orang lakukan walaupun itu hanya hal – hal kecil. Banyak orang meremehkan hal ini, namun percaya atau tidak anda dapat dikenang oleh seluruh dunia walau hanya berbuat sedikit lebih baik dari orang lain. Hal tersebut bisa kita lihat contohnya pada sosok pelari tercepat di Dunia yang berasal dari Jamaika Usain Bolt. Saat meraih medali emas pada olimpiade ia hanya berselisih tidak sampai 1 detik dengan peraih medali perak. Lihatlah betapa perbedaan yang sedikit mampu memberikan hal yang luar biasa.

Hal ini juga perlu kita lakukan sebagai mahasiswa, kita harus berusaha lebih baik dari kebanyakan teman – teman kita. Misalnya dengan membeli buku – buku, atau pun juga rajin mencari artikel – artikel yang relevan dengan mata kuliah.

#Tips keempat : Rajinlah bertanya kepada senior tentang karakter Dosen
Hal yang tidak kalah pentingnya yang perlu dilakukan adalah mencari tahu karakteristik dosen yang mengampuh mata kuliah kita. Dengan melakukan hal demikian, kita bisa menghindari hal – hal yang dosen tidak suka jika mahasiswa melakukannya. Namun, hal ini butuh informasi dari senior kita yang telah lebih dulu merasakan diajar oleh Sang dosen yang bersangkutan. Perlu juga garis bawahi adalah tanyakan lebih dahulu sisi positif dosen yang bersangkutan baru kemudian sisi negatifnya, jangan sebaliknya. Karena Ingat! Kesan pertama tentang dosen dapat mempengaruhi sikap kita di dalam kelas.

#Selalu Berdo’a Kepada Allah Subahanahu wa ta’ala
Tips yang tidak kalah penting, bahkan mungkin yang paling penting adalah senantiasa berdo’a kepada Allah Subahanahu wa ta’ala. karena atas izinnyalah segala sesuatu dapat berjalan dengan baik. Jangan sampai segala fasilitas dan kemudahan yang kita dapatkan malah menjadikan kita hamba yang jauh darinya tidak bersyukur kepadanya, menjadi orang yang sombong, bahkan menjadi orang yang tidak lagi menaati segala perintahnya. Malas ke mesjid, malas belajar Agama, dan akhirnya menjadi orang yang jauh dari Rahmatnya.

Demikianlah beberap tips yang dapat saya paparkan kepada Adik – adik Mahasiswa baru 2012. Pesan saya, jangan sia – siakan amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh orang tua dan Allah subahanahu wa taala. Kejarlah impian anda, dan jadilah orang yang sukses, namun satu yang pasti jangan pernah lupakan Agama!

meneruskan perkataan ketua umum SCRN bahwa, jadilah apa yang kalian inginkan, menjadi guru yang sukses, menjadi juragan terkaya, menjadi pengusaha besar, atau bahkan menjadi seorang Presiden, tapi satu yang pasti, JANGAN PERNAH LUPAKAN AGAMA!!!

SALAM SUKSES

LDF SCRN FIP UNM

 

sumber gambar : www.unj.ac.id

tulisan ini bisa juga di lihat di sini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s