Seminar Pendidikan “Arah Kebijakan Kurikulum Baru 2013”

SEMINAR PENDIDIKAN

Di awal tahun 2013 ini dunia pendidikan Indonesia diprediksi akan kembali mengalami perubahan menyusul adanya rancangan kurikulum baru 2013. Berbagai kalangan langsung menanggapi adanya rancangan kurikulum baru ini.

Kurikulum ini sebagai bentuk pengembangan dari kurikulum berbasis kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 lalu dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu. Hal ini sesuai dengan penjelasan UU No. 20 tahun 2003 bagian umum dan pasal 35 UU No. 20 tahun 2003.

Ada berbagai hal yang menjadi alasan pengembangan kurikulum salah satu diantaranya adalah kompetensi masa depan yang mencakup beberapa aspek didalamnya yaitu kemampuan berkomunikasi, kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu permasalahan, kemampuan menjadi warga negara yang bertanggungjawab, memiliki minat luas dalam kehidupan, memiliki kesiapan untuk bekerja, memiliki kecerdasan sesuai dengan bakat/minatnya.

Ada empat elemen perubuhan yang terdapat dalam kurikulum 2013 ini yaitu elemen standar kompetensi lulusan, standar proses, standar isi, dan standar penilaian. Standar kompetensi lulusan mendeskripsikan adanya peningkatan dan keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan.

Standar proses yang semula terfokus pada eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi dilengkapi dengan mengamati, menanya, mengolah, menalar, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta. Belajar tidak hanya terjadi di ruang kelas, tetapi juga di lingkungan sekolah dan masyarakat. Sikap tidak diajarkan secara verbal, tetapi melalui contoh dan teladan.

Masih banyak hal yang mengalami perubahan dalam rancangan kurikulum 2013 ini. Dan tentunya akan membuat kita bingung dengan aplikasinya di lapangan nantinya. Berbagai aspek dalam ruang lingkup penerapan dan strategi baik dalam penyusunan RPP maupun silabus bagi guru bidang studi akan mengalami perampingan. Hal ini masih belum jelas dan masih banyak lagi yang membuat kita bertanya-tanya.

Oleh karena itu, kami dari Lembaga Dakwah Kampus Study Club Raudhatun Ni’mah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar berinisiatif untuk melaksanakan SEMINAR PENDIDIKAN dengan tema “Arah Kebijakan Kurikulum Baru 2013” guna memberikan kesempatan dan pengetahuan untuk kita semua agar mengetahui lebih dalam tentang kurikulum ini.

Banyak hal memang yang perlu diketahui tentang Kurikulum Baru ini. SCRN FIP UNM mengundang kepada teman-teman untuk hadir dalam Seminar Pendidikan tentang Kurikulum baru 2013 pada hari sabtu tanggal 23 Februari 2013 di Auditorium Amanagappa. Menghadirkan pemateri salah seorang dari Tim Perumus Kurikulum KEMENDIKBUD RI, Bapak Prof. Dr. H. Eko Hadi Sujiono, M.Si

Iklan

Satu pemikiran pada “Seminar Pendidikan “Arah Kebijakan Kurikulum Baru 2013”

  1. acra ini sangat bagus, tapi sy nitip pesan, khususnya pertama, kemampuan komunikasi, bgm mungkin kita bs mewujudkan kalu orangtua kita tdk demokrasti ketika di rumah juga di sekolah. sikap dan moral dengan keteladanan, tentu sj keteladan di mana saja dan kapan saja. bgm kalu justru yg hrs jd teladan malahan bejad moralnya, contoh DPR, Gubernur, Bupati/Walikota, Ka. Dinas, Kepsek, guru, orangtua berbohong atau korupsi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s