SCRN Gelar Seminar Pendidikan “Kurikulum 2013”

DSC00778

Seminar Pendidikan tentang Kurikulum baru 2013 yang dilaksanakan oleh salah satu Biro kegiatan Mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan UNM Makassar, Study Club Raudatunni’mah (SCRN FIP UNM), mendapat respon baik dari masyarakat. Hal ini terlihat dari antusias peserta yang hadir dalam acara Seminar Pendidikan yang dilaksanakan di Auditorium Amanagappa Sabtu kemarin. Terhitung  Tidak kurang dari 960 orang peserta hadir dalam acara tersebut. Peserta yang hadir pun tidak hanya berasal dari Kota Makassar saja, namun juga berasal dari beberapa daerah lain di sulawesi selatan, bahkan ada peserta yang berasal dari provinsi di luar daerah sulawesi selatan.

Seminar Pendidikan tentang kurikulum 2013 memang wajar mendapat antusiasme dari masyarakat karena Semenjak wacana tentang pergantian kurikulum ini mengemuka ke publik November tahun lalu, banyak menghasilkan pro dan kontra, terutama bagi para akademisi dan praktisi pendidikan.

DSC00755

Menurut Panitia pelaksana, Seminar Pendidikan tentang kurikulum 2013 ini sengaja digelar karena selama ini sosialisasi dan informasi seputar Kurikulum 2013 dirasa masih sangat minim, padahal tahun ini kurikulum 2013 ini sudah akan mulai diberlakukan secara bertahap di semua tingkat satuan pendidikan. Panitia pelaksana berharap dengan diadakannya seminar tentang kurikulum baru ini, para peserta yang hadir bisa mendapatkan banyak manfaat, lebih khusus lagi mendapatkan penejelasan tentang seperti apa aplikasi dari kurikulum 2013 kelak di sekolah. Panitia pelaksana sengaja mendatangkan pemateri yang memang berkompeten dan bertanggung jawab dalam hal tersebut.

Pemateri yang mengisi acara seminar tersebut adalah Prof. Dr. H. Eko Hadi Sudjiono, M.Si, yang merupakan salah seorang anggota TIM 9 Penyusun Kurikulum 2013 dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang membawakan materi tentang arah kebijakan kurikulum 2013. Selain itu Panitia pelaksana juga menghadirkan Kepala Dinas Provinsi Sulawesi selatan, yang diwakili oleh Bapak Drs. Moch. Amir, M.Pd selaku Kepala bagian Kurikulum dan Penilaian Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan serta Bapak Ustadz Ilham Jaya, Lc, M.A yang merupakan Ketua Dewan Syura Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Saudi Arabia (2012-2014), materi yang beliau bawakan adalah Kurikulum Pendidikan dalam Perspektif Islam

DSC00680

Hal yang menarik pada kegiatan seminar tersebut adalah konsep Islami yang diterapkan. Peserta laki-laki dan perempuan ditempatkan terpisah walau berada dalam satu ruangan. walau demikian para peserta dapat menerima konsep tersebut meski banyak juga yang kaget karena baru pertama kali mendapati hal tersebut.

MATERI SEMINAR DAPAT DI DOWNLOAD DI LINK BERIKUT INI :

ARAH KEBIJAKAN KURIKULUM 2013 oleh Prof Dr. H. Eko Hadi Sudjiono, M.Si

PERAN PEMERINTAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM oleh Drs. Moch Amir, M.Pd

KURIKULUM PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM oleh Ilham Jaya, Lc, M.A

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s