Ahlan Wa Sahlan Wa Marhaban Mahasiswa Baru Angkatan 2013

ahlan wa sahlanAssalamu ‘Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Saudaraku adik-adik mahasiswa baru, sungguh bahagia rasanya bisa bertemu dan menyambut kehadiran adik-adik di kampus orange ini, kami ucapkan selamat datang serta selamat atas keberhasilannya melewati seleksi penerimaan mahasisiwa baru Universitas Negeri Makassar, kami yakin adik-adik adalah generasi-generasi terbaik bangsa ini.

Kehadiran adik-adik di kampus tercinta ini bukan merupakan suatu kebetulan semata melainkan adalah sebuah perjuangan yang tak kenal lelah demi menggapai cita-cita. Saudaraku adik-adik mahasiswa baru, tidak banyak yang bisa kami berikan kepada adik-adik sebagai ungkapan kebahagian dan persaudaraan kita, baik karena kita satu lingkungan akademik terlebih lagi karena kita adalah saudara seiman.

Sebagai saudara/kakak (senior) tentu kami tidak ingin adik-adik mahasisiwa baru mengalami kesulitan dalam menghadapi lingkungan baru ini, olehnya itu dengan berbekal pengalaman serta pengetahuan, melalui selembar kertas ini kami mencoba membagi pengalaman dan pengetahuan yang Insya Allah dengannya adik-adik akan mendapatkan banyak manfaat yang akan menjadi penerang atau perisai dalam menjalani perjuangan menggapai cita-cita di kampus tercinta kita (UNM).

Kampus tentu saja merupakan dunia baru untuk adik-adik, kampus yang selama ini yang ada dalam bayangan adik-adik boleh jadi jauh berbeda dengan kenyataan yang kan dihadapi nantinya. Kampus merupakan miniatur kehidupan Universitas yang tentu saja memiliki ciri khas yang tersendiri.

Sebagaimana lingkungan pada umumnya, kampus memiliki khas dan kultur yang berbeda dengan dunia SMA yang telah kita lalui. Oleh karena itu, adik-adik harus pandai-pandai menjaga diri dengan baik agar tidak terjerumus ke lembah pergaulan dan pemahaman yang salah.

Dari kampung/rumah, tentu niat sudah bulat untuk melanjutkan kuliah dan menjaga diri dari pengaruh buruk lingkungan. Namun setelah mencermati kenyataan yang terjadi di kampus, ternyata niat saja tidak cukup, karena masing-masing sisi kehidupan kampus telah mempersiapkan strateginya untuk mencari generasi penerus lembaganya.

Adik-adikku, ketahuilah betapa banyak pengemban pemikiran yang saling berebut generasi penerus di kampus. Biasanya, di mana tempat   pertama   dalam   dunia   kampus  seorang  mahasiswa baruterkader dan diberikan pemikiran (indoktrinasi). Hal ini akan terus membekas di kepala mahasiswa baru tersebut, bahkan sampai ia sarjana dan hidup di lingkungan masyarakat kelak.

Sukses tidaknya kita dalam menempuh pendidikan di Universitas sangat ditentukan bagaimana kita menjaga, membawa diri, dan bersikap kritis terhadap setiap indoktrinasi yang tidak berdasarkan kepada Al-Qur’an dan As Sunnah.

Sebagaimana ummat Islam, pegangan yang paling mutlak untuk dijadikan pedoman dalam menjaga dan membawa diri adalah Al-Qur’an dan As sunnah. Di dalamnya terdapat aturan-aturan yang mengatur seluruh sisi kehidupan kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Mulai dari masalah pribadi hingga masalah kenegaraan.

Dengan berpegang kepadanya, insya Allah kita akan selamat menghadapi dunia kampus dan dunia aplikasi(masyarakat) kelak. Mencermati hal itu, maka hampir semua fakultas di Universitas Negeri Makassar (UNM) ini mendirikan lembaga atau organisasi berbasis Islam.

Tujuan utamanya adalah mempelajari Islam sebagai jalan hidup menuju akhirat atau minimal menjadi kontrol diri di dalam lingkungan kampus. Termasuk di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), bila adik-adik mau belajar islam bisa bergabung di dalamnya.

Ingat, bagaimana pribadi kita nantinya sangat ditentukan serta dipengaruhi oleh pola pikir selama kita masih di bangku kuliah. Oleh karena itu, marila kita berbekal sebanyak mungkin selama kita berada di dalamnya. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang senantiasa berusaha memperbaiki diri. Aamiin..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s