Keutamaan Amalan 10 Hari Pertama Dzulhijjah

SCRN FIP UNM – Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillah, kita telah memasuki bulan Dzulhijjah yang mulia ini. Begitu banyak amalan – amalan utama yang dapat diamalkan ummat Islam dan betapa ruginyalah kita melewatkan kesempatan ini dalam meraih keutamaan amalan Dzulhijjah. Berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam

Dari Ibnu ‘Abbas, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia bersabda, “Tidak ada amalan yang lebih mulia dari amalan yang dilakukan pada sepuluh hari pertama Dzulhijjah.” Para sahabat berkata, “Tidak pula bisa ditandingi dengan jihad?” “Walaupun dengan jihad. Kecuali jika seseorang keluar berjihad lalu sesuatu membahayakan diri dan hartanya lantas ia kembali dalam keadaan tidak membawa apa pun”, jawab beliau (HR. Bukhari no. 969).

Ibnu Rajab Al Hambali berkata, “Hadits ini menunjukkan bahwa amalan di sepuluh hari pertama Dzulhijjah di sisi Allah lebih disukai oleh Allah dibanding hari-hari lainnya tanpa ada pengecualian. Jika dikatakan Allah itu cinta, maka menunjukkan hari-hari tersebut dinilai mulia di sisi-Nya.” (Lathoif Al Ma’arif, 458)

Beliau menambahkan pula, “Amalan di sepuluh hari pertama Dzulhijjah dinilai afdhol dan dicintai oleh Allah dibanding hari-hari lainnya dalam setahun. Bahkan amalan yang mafdhul (kurang afdhol) jika dilakukan di sepuluh hari pertama Dzulhijjah dinilai lebih baik dari hari lainnya walau di hari lainnya dilakukan amalan yang lebih afdhol.” (Lathoif Al Ma’arif, 458-459). Inilah pemahaman Ibnu Rajab yang beliau simpulkan dari sabda Nabi, “Tidak pula bisa ditandingi dengan jihad?

Begitu banyaknya keutamaan di bulan Dzulhijjah ini, dan bahkan ada puasa khusus tepatnya tanggal 9 Dzulhijjah (Puasa Arofah) yang apabila diamalkan maka dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang akan terampuni, berdasarkan hadits berikut :

Puasa Arofah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.”

Maka bagi kita yang belum mampu menunaikan ibadah, maka silahkan amalkan amalan di bulan yang mulia ini dan meraih rahmat dan ampunan Allah Subhanahu wa ta’ala. Wallahu’alam

Silahkan sebarkan post ini, Insya Allah sangat bermanfaat buat saudara dan teman – teman anda.

 

Sumber

http://rumaysho.com/2885-amalan-di-10-hari-pertama-dzulhijjah-dibanding-jihad.html

http://rumaysho.com/2875-semangat-puasa-di-awal-dzulhijjah.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s