Adab Makan Sehat Ala Rasulullah

107700_nasi-goreng_663_382

SCRN FIP UNM – Bismillahirrahmanirrahim. Makan merupakan aktivitas yang tidak bisa kita tinggalkan karena dengan melalui makan, maka tubuh kita mendapatkan energi untuk beraktivitas sehari – hari. Islam adalah agama yang indah karena telah mengatur semuanya, terkhusus disini cara makan yang baik. Begitu banyak sekarang ummat muslim yang cara makannya tidak sesuai dengan apa yang telah diajarkan oleh Rasulullah.

Berikut ini adab – adab makan yang sehat ala Rasulullah

  1. Makan dengan tiga jari

Dengan menggunakan tiga jari berarti telah menunjukkan sikap seimbang. Sebagaimana dikatakan bahwa makan dengan lima jari menunjukkan kerakusan, sedangkan makan dengan satu atau dua jari menunjukkan kesombongan dan keangkuhan.

Dan dari Ka’ab bin Malik Radhiyallahu Anhu, ia berkata, ‘Aku melihat Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam makan dengan tiga jari. Dan setelah selesai, beliau menjilat jari-jarinya’. (HR. Muslim).

Fakta Ilmiahnya:

Dengan menggunakan tiga jari (jempol, telunjuk, dan jari tengah), makanan yang masuk ke mulut lebih seimbang jumlahnya dengan jumlah enzim, sehingga enzim amilase dan lisozim yang diproduksi kelenjar saliva mencerna makanan dengan maksimal . sehingga makanan menjadi lembut dan mudah dicerna.

  1. Menjilati jari dan tempat makan

Menjilati tempat sehabis makan akan sangat membantu pencernaan. Rasulullah SAW sendiri menjilati jemari beliau setelah makan. Beliau bersabda: “Apabila salah seorang di antara kalian selesai makan, hendaklah dia tidak membersihkan tangannnya sehingga menjilatinya” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Tabrani).

Hal itu menunjukkan adanya perintah untuk tidak meninggalkan sisa makanan yang berada di tempat makan. Juga diriwayatkan Tirmidzi dengan lafaz: “Barang siapa makan di piring, lalu ia menjilatinya, maka piring itu akan memohonkan ampun untuknya” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad).

Fakta Ilmiahnya:

Dengan menjilati atau menghisap jari maka dapat merangsang proses keluarnya air liur dan enzyme (sejenis alat percerna makanan) lebih banyak, sehingga pencernaan lebih sempurna.

  1. Menggunakan tangan kanan

Makan dan minum dengan tangan kanan adalah hal yang diwajibkan, apabila seseorang makan dam minum dengan tangan kiri maka berdosa karena dia telah menyelisihi perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW, serta merupakan bentuk perbuatan tasyabbuh (meniru) perilaku setan dan orang-orang kafir.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Apabila salah seorang dari kalian makan, maka hendaklah makan dengan tangan kanan dan apabila dia minum, minumlah dengan tangan kanan. Karena setan apabila dia makan, makan dengan tangan kiri dan apabila minum, minum dengan tangan kiri.” (HR. Muslim).

Kenapa harus pake tangan ketika makan?, Selengkapnya klik disini

  1. Makan dari arah pinggir dan disekitarnya

Makan dari arah pinggir atau tepi dan memakan apa yang ada disekitarnya (yang terdekat) merupakan bimbingan Rasulullah SAW, karena pada bimbingan beliau terkandung barakah dam merupakan penampilan adab yang baik.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam berkata kepada ‘Umar bin Abi Salamah: “Wahai anak! Sebutlah nama Allah dan makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah yang ada disekitarmu (didekatmu).” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Baca juga Makan & Minum Berdiri Berbahaya Bagi Kesehatan???

Sumber :

http://baitulmaqdis.com/mukjizat-islam/makan-sehat-ala-rasulullah/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s